Saturday, October 2, 2010

Program Mudah Instalasi Dual Boot

Halah judulnya kayak promosi aja huhuhu :P Iseng hari ini mau coba cari cara praktis untuk menginstall dual boot di komputer kamar untuk porting server nexustk emulator ke dalam versi *nix. Entah menggunakan program apa tapi kayaknya saya akan menggunakan gambas. Awalnya saya sudah ketemu artikel yang bagus tapi kayaknya terlalu ribet jadinya malas mau ngikutin. Kalau mau dibaca silahkan baca disini.
Setelah googling sebentar akhirnya saya di referensikan ke website wubi hmmmm cocok banget deh dengan apa yang saya butuhkan pengennya sih install dual bot cara praktis (maklum kalau ribet kapan cetak dollarnya :P ) ya sudah saya baca² sebentar FAQ-nya ok deh kayaknya nggak ada masalah langsung saja saya download tapi ternyata ketika mau di coba saya mengalami error……. entah error ini kenapa karena alasannya tidak disebutkan log error juga tidak ada…
wubi-error
Setelah jengkel gak bisa juga akhirnya saya cari arsip lama wubi dan mencoba versi Wubi-8.04.506 Akhirnya bisa juga running program ini langsung saja siapkan instalasi……
wubi-1
Mudah banget konfigurasinya tinggal pilih-pilih hehehe, ketika sedang proses instalasi ternyata wubi versi ini membutuhkan file ubuntu hardy iso. Sial banget koneksi internet dari speedy yang katanya maha super kencang tapi ternyata lemot ini cuma bisa download 10 kbps dari server alhasil total kalkulasi perkiraan waktunya 22 jam!!!
Yang bener aja nih, kelamaan deh akhirnya saya iseng mau bypass step ini dengan mendownload file ubuntu hardy iso menggunakan download accelerator hehe maksudnya biar nggak terlalu lama… setelah cari log sebentar ketemu deh lokasi file iso-nya di http://cdimage.ubuntu.com/hardy/daily-live/20090713.1/hardy-desktop-i386.iso Lumayan cepat juga menggunakan download accelerator membutuhkan waktu 2 setengah jam hmm… lumayan lah dari pada 22 jam.
Setelah itu dari FAQ saya baca file iso harus di letakkan bersamaan dengan file wubi agar tidak perlu mendownload ulang… Ternyata ini BUG saya coba berkali kali tetap tidak bisa. Akhirnya saya bypass lagi dengan meletakkan file iso ini di \ubuntu\installs\hardy-desktop-i386.iso running lagi wubi ternyata berhasil bypass file ini. Proses instalasi sendiri memakan waktu kurang lebih 5 menit setelah itu muncul pesan reboot untuk melanjutkan instalasi.
wubi-2
Setelah reboot otomatis akan keluar pilihan operating system, langsung saja pilih ubuntu untuk melanjutkan proses instalasi. Tunggu hingga selesai kira-kira 15-20 menit, lalu restart komputer lagi. Sudah deh jadi dual boot windows dan ubuntu tinggal pakai saja hehehe..
wubi-5
wubi-6
Enaknya pakai wubi ini kita tidak perlu ribet pusing-pusing atur format partisi karena wubi ini basicnya membuat sebuah virtual partisi yang akan digunakan oleh ubuntu. Proses un-install juga mudah sekali bisa di remove langsung dari control panel.
wubi-3
Asik kan jadi seru punya 3 Operating system dalam 1 komputer huhuhu… saya penasaran lalu coba edit boot.ini punya windows.
wubi-4
Ternyata itu toh loadernya hmmm.. bagus deh program wubi ini saya rekomendasikan untuk digunakan. Daripada pakai cara ribet mending pakai wubi saja praktis dan termanajemen dengan baik

Tags:

0 Responses to “Program Mudah Instalasi Dual Boot”

Post a Comment

SEO

Site Submission to top Search Engines
.If you wish to become medical transcriptionist then you need to check our Medical transcription training Online blog.

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Catatan Kuliah. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks